Disiapkan, 60 Ribu Bibit Sawit Unggul

Rabu, 09 Juli 2008
Laporan SYAHRI RAMLAN, Bagansiapi-api  syahri-ramlan@riaupos.co.id Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
DINAS Perkebunan Kabupaten Rohil menyiapkan bibit kelapa sawit yang disemai di atas lahan seluas 10  hektare di Bantayan, Kecamatan Batuhampar. Puluhan ribu batang bibit sawit yang telah ditanam tersebut  merupakan pilihan yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Provinsi Sumatera Utara.
‘’Bibit sawit yang sudah kita siapkan ini, bukan untuk program perkebunan kelapa sawit.

Melainkan untuk masyarakat yang dijual secara bersubsidi. Sebagai contoh, kalau harga bibit sawit dijual  sebesar Rp20.000 per batang, maka bibit yang telah kita siapkan hanya sebesar Rp 15.000 perbatang,’’  kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Rohil, H Syamsuddin SH.

Dengan disediakannya bibit sawit unggulan ini, tambah Syamsuddin, diharapkan mampu menambah  pendapatan ekonomi masyarakat. Salah satu di antaranya yakni dapat meningkatkan produksinya dalam  setiap melakukan panen.

‘’Ini semua kita siapkan dari sekarang. Sehingga masyarakat yang melakukan usaha di bidang perkebunan  ini, benar-benar dapat memiliki bibit yang berkualitas dan bagus. Kalau bibit yang ditanam itu tidak  bagus, saya pikir usaha menanam kelapa sawit bisa menjadi percuma saja,’’ kata Syamsuddin.

Saat ini bibit sawit yang telah ditanami tersebut rata-rata sudah berusia sekitar enam bulan.

‘’Menyiapkan benih kelapa sawit yang kita laksanakan ini, semuanya berasal dari biji pilihan. Setelah  berusia sekitar satu tahun mendatang, benih yang sudah disemai ini telah siap untuk segera dipasarkan  dengan harga subsidi.

Dan perlu untuk diketahui, upaya penjagaan dan pengawasan serta pemantuannya dilakukan secara  intensif selama dalam penyemaian bibit berlangsung,’’ kata Syamsuddin.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: